Thursday, April 25, 2024
HomeSeputar IMATEKKegiatan IMATEKSeminar dan Workshop Health, Safety and Environment

Seminar dan Workshop Health, Safety and Environment

Palembang (06/11/2015). IMATEK KM FT UNSRI mengadakan acara Seminar dan Workshop Health, Safety and Environment yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam ilmu pengetahuan para peserta mengenai keselamatan, kesehatan dan lingkungan kerja. Adapun peserta  dalam acara ini adalah mahasiswa Teknik Kimia itu sendiri. Acara Seminar dan Workshop Health, Safety and Environment berlangsung selama dua hari, dimulai pada Jumat, 6 November 2015 sampai dengan Sabtu, 7 November 2015.

Hari pertama (06/11)  diisi dengan berbagai kegiatan seminar oleh tiga orang narasumber, yaitu Kgs. Irza Afrianto, Maharani, dan Harianto Mangkusaputro. Acara seminar pada hari pertama ini dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB bertempat di Gedung Serbaguna Arjuna lt.2 Pertamina RU III Sungai Gerong, Palembang.

Penyampaian seminar yang pertama mengenai Process Hazards Analysis oleh Kgs. Irza Afrianto dikatakan bahwa hazard merupakan kondisi dengan potensi untuk penyebab injury, dampak-dampak, atau misi degradasi. Adapun tujuan dari penyampaian mengenai hazard adalah untuk mengenalkan bagaimana cara atau metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi hazard di industri.

Seminar kedua dilanjutkan dengan penyampaian mengenai Pengolahan Limbah B3 oleh Maharani. Dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa kerusakan pada lingkungan itu terbagi atas dua faktor, alami dan buatan. Dimana setiap industri harus memperhatikan kondisi lingkungannya berdasarkan hukum yang berlaku dalam undang-undang.

Kemudian, penyampaian terakhir mengenai Theory of Fire & Explosing demo oleh Harianto Mangkusaputro. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa ada beberapa jenis kebakaran yang terjadi di Indonesia dan kebakaran itu sendiri merupakan hal yang tidak diinginkan. Karena itu, tujuan dari penyampaian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara memadamkan api dan bagaimana titik api dapat muncul.

Setelah kegiatan seminar yang telah dilakukan pada hari pertama acara Seminar dan Workshop Health, Safety and environment ini dilangsungkan. Dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan yang diadakan di tempat pelatihan fire extuingisher dan tempat pelatihan rescue Pertamina RU III Sungai Gerong, Palembang pada hari kedua (07/11). Pelatihan Fire extuingisher dilakukan oleh Bapak Andhika dan rekan, serta pelatihan rescue oleh Bapak Usep.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk mengenalkan secara langsung mengenai penanganan bahaya kebakaran berdasarkan faktor HSSE dan juga mengenalkan penanganan bahaya dalam ruangan gelap bergas.

Setelah pelatihan selesai, dilakukan review dan tanya jawab mengenai pelatihan yang telah dilakukan yang kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan Seminar dan Workshop Health, Safety and Environment. Dimulai dengan kata sambutan oleh ketua pelaksana acara M. Ruli Hidayatullah (TK ’12) dilanjutkan dengan perwakilan dari IMATEK Yulianto (TK’12), dan perwakilan dari Jurusan Teknik Kimia oleh Bapak Budi Santoso, serta perwakilan dari alumni Teknik Kimia oleh Bapak Rosyadi.

Dengan diadakannya kegiatan Seminar dan Workshop Health, Safety and Environment ini diharapkan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sriwijaya dapat memahami dan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai Health, Safety and Evironment.

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

before posting a comment, you must agree to the User Generated Content Policy Website IATEK UNSRI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Alert: Mohon Maaf untuk perlindungan Hak Cipta Content, Anda Tidak Bisa Select untuk meng-copy content di web IATEK UNSRI ini!!
IATEK UNSRI

FREE
VIEW