Wednesday, December 7, 2022
HomeSeputar IATEKLogo IATEKLogo IATEK UNSRI Hasil Musyawarah Nasional 2015

Logo IATEK UNSRI Hasil Musyawarah Nasional 2015

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) IATEK UNSRI yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 2015, di sah kan Logo Resmi  IATEK UNSRI.

A. LATAR BELAKANG

Logo ini merupakan hasil Sayembara pada tahun 2014 yang lalu (Bulan Januari – Februari 2014), bersamaan dengan Sayembara Logo dan Slogan 50 Tahun Teknik Kimia UNSRI.

Sayembara tersebut diikuti oleh 16 peserta, dengan 14 Karya usulan Logo IATEK dan 7 Karya usulan Logo dan Slogan 50 Tahun Teknik Kimia UNSRI.

 

(lebih detail mengenai ini dapat dibaca pada artikel artikel mengenai sayembara LOGO di Website IATEK UNSRI ini (Menu Artikel, Sub Menu Sayembara Logo), atau klik disini

 

Dari hasil Sayembara tersebut, terpilih Usulan Logo No 12, Karya Riki Yuliandita – Angkatan 2011–  sebagai Pemenang (Hadiah untuk Pemenang telah disampaikan Pada Acara Reuni Akbar 50 Tahun Teknik Kimia UNSRI), sebagai berikut :

( Klik disini untuk lebih detail mengenai Usulan Logo IATEK versi Awal karya Riki Yuliandita tersebut)

 

B. LOGO IATEK UNSRI YANG DISAHKAN PADA MUNAS 2015

Berdasarkan masukan beberapa Alumni, Logo tersebut sedikit di revisi, karena pada tulisan UNSRI di logo tersebut, terdapat garis antara huruf S dan R, sehingga seolah olah dapat dibaca UNSTRI

Kemudian untuk mempermudah pemakaian,  dibuat tiga lay out resmi LOGO IATEK UNSRI tersebut sebagai berikut :

Logo IATEK Versi Horisontal

Logo IATEK Versi Square

Logo IATEK Versi Kop / Stempel

 

LOGO IATEK UNSRI tersebut, dapat didownload di Website IATEK UNSRI ini, baik versi Low Resolution untuk pemakaian yang tidak membutuhkan Resolusi Image yang tinggi, maupun versi High Resolution, jika diperlukan untuk pembuatan Baleho, Spanduk dan lain sebagainya.

Kilik Menu FILE, Kategori LOGO IATEK, atau Klik dibawah ini :

{rsfiles path=”LOGO IATEK”}

 

C. PENJELASAN MAKNA LOGO

Bingkai logo  berbentuk rumus struktur benzena (C6H6) dengan tambahan gambar tangan yang sedang berjabat. Gambar tersebut menyiratkan bahwa IATEK dan Teknik Kimia Unsri akan selalu bekerjasama, baik dalam hal akademik maupun non akademik untuk mencapai tujuan yang diingankan sesuai dengan visi dan misi IATEK dan Teknik Kimia Unsri. 

Seperti halnya benzen, IATEK akan selalu membantu, mewadah, dan membagikan pengalaman (sharing) kepada para calon chemical enginerring tentang bagaimana caranya untuk menjadi seorang insinyur kimia yang baik dan dibutuhkan oleh dunia industri.

Didalam bingkaiterdapat 3 peralatan yang dapat mencerminkan karakteristik teknik kimia yang sesungguhnya. Gambar tersebut antara lain :

  1. KOLOM DESTILASI. KOLOM DESTILASI menggambarkan kegigihan seorang chemical enginerring dalam menggapai semua impian yang dicita-citakan secara sportif dan tidak pernah putus asa. Kolom destilasi saya ibaratkan sebagai tahapan-tahapan bagi seorang chemical enginerring untuk menjadi yang lebih baik. Dalam setiap tahapan, banyak halangan dan rintangan yang harus diselesaikan oleh seorang chemical enginerring untuk menjadi yang pertama.
  2. COOLING TOWER. Dalam logo yang saya buat, COOLING TOWER digambarkan sebagai sifat seorang chemical enginerring yang selalu berusaha menciptakan jalan keluar (solusi) terhadap masalah yang sedang dihadapi masyarakat dan lingkungan sehingga permasalahan yang awalnya kompleks akan kembali netral seperti sedia kala. Seperti halnya COOLING TOWER yang akan mendinginkan fluida dari temperatur awal yang tinggi.
  3. RIG PENGEBORAN. Alat ini menggambarkan bahwa seorang chemical enginerring akan terus berusaha menggali atau mengeksplorasi semua sumber daya yang ada di bumi, yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup di bumi. Selain itu seorang chemical enginerring juga akan menemukan energi baru terbarukan untuk menutupi persediaan sumber daya minyak dan batu bara yang sekarang sudah mulai menipis, serta menggantikannya dengan energi baru terbarukan, seperti : energi surya, angin, air, nuklir, biomassa, dll.

WARNA LOGO

  1. Warna biru melambangkan bahwa IATEK itu bijaksana dan ramah.
  2. Warna abu-abu melambangkan bahwa IATEK itu menjadi peneduh atau pemberi ketenangan  untuk semua.

Pada akhirnya dapat disimpulkan, bahwa IATEK DAN TEKNIK KIMIA UNSRI seperti halnya sahabat, tidak bisa dipisahkan sampai kapanpun, dan dimanapun

 

Admin
Adminhttps://iatekunsri.com
Admin Website IATEK UNSRI. Website IATEK UNSRI ini berdiri pada 22 Februari 2011. Dibuat dengan tujuan sebagai media informasi, wadah interaksi, sharing ilmu, publikasi tulisan ilmiah, menampung Database Alumni Online, dan mempererat silaturahim antar seluruh komponen keluarga besar Teknik Kimia Universitas Sriwijaya

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

before posting a comment, you must agree to the User Generated Content Policy Website IATEK UNSRI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Alert: Mohon Maaf untuk perlindungan Hak Cipta Content, Anda Tidak Bisa Select untuk meng-copy content di web IATEK UNSRI ini!!
IATEK UNSRI

FREE
VIEW