Saturday, July 2, 2022
HomeSeputar JurusanLain Lain JurusanVisi dan Misi Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya

Visi dan Misi Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya

1. PENDAHULUAN

Perkembangan sains dan teknologi yang semakin cepat dan tantangan globalisasi membutuhkan sumberdaya manusia yang menguasai IPTEK. Perguruan tinggi merupakan lembaga yang berperan dalam menghasilkan sumberdaya manusia bermutu, yang mampu bersaing dengan lulusan dari manca negara. Kurikulum merupakan cermin sistem pendidikan yang dilaksanakan pada suatu Program Studi/Jurusan. Kurikulum yang disusun secara sistematik berdasarkan Visi dan Misi Program Studi/Jurusan dan diimplementasikan dengan baik akan menghasilkan lulusan yang mampu menguasai IPTEK dan menerapkannya di industri dengan baik.

Kurikulum perlu ditinjau setiap 5 (lima) tahun sekali dan direvisi isi serta silabusnya. Revisi perlu dilakukan demi pengembangan kurikulum agar isi dan silabusnya sesuai dengan perubahan kondisi di masyarakat dan industri, perkembangan IPTEK serta kebijakan pemerintah.

          Kurikulum yang digunakan di Jurusan Teknik Kimia Unsri saat ini telah diberlakukan sejak tahun 2003. Kurikulum tersebut memiliki kelemahan antara lain penempatan mata kuliah prasyarat dan mata kuliah yang dipersyaratkan pada semester yang sama sehingga menyulitkan mahasiswa dalam menguasai substansi perkuliahan.

          Revisi kurikulum Program Studi/Jurusan Teknik Kimia Unsri dilakukan dengan mempertimbangkan: mata kuliah prasyarat; mata kuliah yang di persyaratkan; mata kuliah pilihan (dengan pertimbangan keunggulan lokal dan nasional, perkembangan teknik operasi dan proses seperti reactive distillation dan reactive absorption); pengembangan skills (melalui kerja laboratorium); potensi sumberdaya alam hayati dan non hayati; pengembangan kemampuan riset (di laboratorium riset); kemampuan penerapan pengetahuan Teknik Kimia (kerja praktek); kemampuan rancang pabrik; perubahan kondisi di masyarakat dan industri, perkembangan IPTEK serta kebijakan pemerintah.

          Dengan revisi kurikulum, kemampuan mahasiswa dalam menguasai pengetahuan di bidang Teknik Kimia semakin dapat ditingkatkan sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam penyelesaian masalah di bidang Teknik Kimia yang akan merupakan bekal yang baik bagi lulusan untuk berkiprah di dunia kerja di era global kelak.

 

2. VISI

Menjadi Jurusan Teknik Kimia yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bidang Teknik Kimia di tingkat nasional.

 

3. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Kimia.
  2. Mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif.
  3. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berperilaku baik, mandiri, inovatif dan produktif serta menguasai pengelolaan sumber daya alam.
  4. Menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan Teknik Kimia di industri dan masyarakat.
  5. Memberikan kontribusi kepada pembangunan di daerah dan nasional.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan Perguruan Tinggi lain, Pemerintah, Pemda dan Instansi lainnya.

 

4. TUJUAN

Pengembangan kurikulum Jurusan Teknik Kimia Unsri tahun 2010/2011 mengacu ke pada Kurikulum Berbasis Kompetensi yang bertujuan agar lulusan memiliki kemampuan dalam :

  1. Pemahaman, penguasaan dan pengembangan teori-teori Teknik Kimia
  2. Perancangan percobaan, analisa dan interpretasi data
  3. Pengembangan penelitian berbasis Teknik Kimia
  4. Penguasaan teknologi bahan untuk peralatan industri
  5. Penguasaan pemodelan proses dan simulasi
  6. Penguasaan sistem utilitas
  7. Penguasaan teknologi pengolahan limbah
  8. Penguasaan prinsip teknis dan ekonomis serta aplikasinya dalam pra-rancang bangun peralatan industri
  9. Penyelesaian masalah Teknik Kimia
  10. Berkomunikasi secara efektif
  11. Bekerja secara tim dari multidisiplin
  12. Pengembangan diri yang inovatif dan kreatif.

Artikel Terkait :

Kurikulum Jurusan Teknik Kimia UNSRI Tahun 2010/2011

Admin
Adminhttps://iatekunsri.com
Admin Website IATEK UNSRI. Website IATEK UNSRI ini berdiri pada 22 Februari 2011. Dibuat dengan tujuan sebagai media informasi, wadah interaksi, sharing ilmu, publikasi tulisan ilmiah, menampung Database Alumni Online, dan mempererat silaturahim antar seluruh komponen keluarga besar Teknik Kimia Universitas Sriwijaya

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Content is protected !!