Wednesday, December 7, 2022
HomeArtikelThe Biggest Event Of IMATEK Universitas Sriwijaya, THE 4TH SICheCO Tahun...

The Biggest Event Of IMATEK Universitas Sriwijaya, THE 4TH SICheCO Tahun Ini Berlangsung Meriah

Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sriwijaya dengan bangga mempersembahkan event tahunan terbesar IMATEK yaitu Sriwijaya Chemical Engineering Competition  atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SICheCO. SICheCO tahun ini mengadakan tiga lomba yaitu National Chemical Engineering Olympiad dan National SAGA (Science and General Knowledge) Olympiad dengan tema Explore Your Intelligence Develop Your Skill to Create A Golden Generation serta lomba National Poster Competition yang mengusung tema Inovasi dan Kreativitas dalam Mewujudkan Stabilitas Energi dan Teknologi Ramah Lingkungan Menuju Indonesia Emas 2045 yang merupakan agenda baru dari kegiatan SICheCO tahun ini.

Perlombaan kali ini dilaksanakan secara hybrid yaitu secara online melalui zoom meeting dan secara offline yang dilaksanakan di Al- Azhar Convention Hall Palembang. Proses perlombaan berlangsung dari tanggal 30 Juli 2022 sampai dengan tanggal 1 Oktober 2022 dimulai dari proses pendaftaran sampai dengan acara puncaknya yaitu babak semifinal, grand final dan pelaksanaan webinar. 

Kegiatan Webinar

Webinar SICHECO tahun ini mengangkat tema Brainstorming: Access Futurity Realizing, Improving, Producing New Indonesia dengan menghadirkan para pembicara yang tentu saja sangat ahli pada bidangnya yaitu Kak Irvan Karamy selaku Wastewater Treatment Plant DCS Operator at Ittihad Paper Mill (IPM) Abu Dhabi, United Arab Emirates dan Kak Daniel, ST, MBA. selaku Manager Fuel Channel & Partnership Subholding Commercial & Trading at PT Pertamina Persero. 

Babak Semi Final Lomba CHEMENG

SICheCO tahun ini berlangsung sangat meriah dan diikuti oleh 927 orang peserta yang terdiri dari 217 orang peserta CHEMENG yang berasal dari 32 Universitas atau Politeknik seluruh Indonesia, 129 orang peserta yang terdiri dari 43 tim untuk cabang perlombaan national SAGA, 76 tim  dengan total 152 peserta poster yang berasal dari 33 Universitas/Institut/SMA dan yang terakhir peserta seminar yang terdiri dari 429 peserta dari 21 Universitas, 3 Politeknik, dan 28 SMA di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, NTT, dan daerah-daerah lain di Indonesia. Beberapa universitas yang berpartisipasi dalam kompetisi SICheCO 2022 adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Universitas Nusa Cendana, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Teknologi Sumatera, Institut Teknologi Kalimantan, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Sriwijaya, dan masih banyak lagi. Ada pula SMA/SMK sederajat yang ikut berkompetisi di antaranya SMAN 1 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, SMAN PLUS 17 Palembang, SMA Sumatera Selatan, SMA Kusuma Bangsa, dan masih banyak lagi. 

 

Babak Grand Final Lomba SAGA

Menurut Dionisius, selaku ketua pelaksana SICheCO tahun ini meskipun sempat menemui banyak kendala, karena transisi dari full online ke hybrid, tapi untungnya panitia pada acara kali ini masih bisa menghandle dan meminimalisir kekurangan yang terjadi. Ditambah lagi Tahun ini pesertanya lebih beragam dan ada pesaing dari Universitas ternama seperti  UI, UGM, dan ITB.  Harapan kedepannya acara SICheCO semakin baik dan semakin meriah daripada tahun ini.

Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman hasil perlombaan dan foto bersama.

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

before posting a comment, you must agree to the User Generated Content Policy Website IATEK UNSRI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Alert: Mohon Maaf untuk perlindungan Hak Cipta Content, Anda Tidak Bisa Select untuk meng-copy content di web IATEK UNSRI ini!!
IATEK UNSRI

FREE
VIEW