Sunday, April 14, 2024
HomeSeputar JurusanDana AbadiSejarah Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI

Sejarah Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI

Tanggal 13 April 2002, pada acara Dialog Segitiga Mahasiwa-Dosen-Alumni dalam rangkain acara purna tugas Bapak Ir. H Muchjin Akip, atas ide Pak Muchjin dicetuskan pembentukan Dana AbadiTeknikKimiaUNSRI yang bertujuan untuk pengembangan dan kemajuan Teknik Kimia UNSRI.

Sebagai dana awal sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) diambil dari sisa dana acara purna tugas Pak Muchjin dan pada waktu itu langsung mendapat tambahan Rp 500.000,- dari kak Sahilmi (PT TEL). Disepakati pengelolaan dana tersebut akan diserahkan pada tim yang diketuai langsung oleh Pak Muchjin dengan anggota Ibu Ratna Djuwita, Ibu Farida Ali dan Ibu Susila Arita.

Kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dengan pembukaan rekening di Bank Mandiri atas nama Muchjin Akip, Ir qq  IATEK dengan nomor rekening : 113-0002093171.

Setelah Pak Mucjin meninggal pada tanggal 12 Mei 2002, rekening tersebut diproses untuk dialihnamakan / dicairkan oleh jurusan bersama ahli waris beliau. Sementara menunggu proses tersebut dibuka rekening baru,  yaitu :

 

Bank Mandiri Cabang Palembang A Rivai

No Rek : 113-0002244618

Atas nama : FARIDA A AND SUSILA A QQ IATEK

 

Dengan perubahan ini rekening Dana Abadi atas nama Pak Muchjin dinyatakan tidak berlaku lagi.

Atas saran beberapa pihak untuk kelangsungan Dana Abadi tersebut, Jurusan bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Palembang A.Rivai membuat Formulir Standing Instruction. Bila alumni Teknik Kimia UNSRI mengisi formulir ini, Bank Mandiri setiap bulan akan secara otomatis mendebet sejumlah tertentu dana yang disepakati dari rekening Bank mandiri alumni tersebut ke rekening Dana Abadi Teknik  Kimia UNSRI.

Dengan nilai yang kecil berkisar antara Rp 20.000,– (dua puluh ribu rupiah ), tetapi dari sumbangan rutin semacam ini diharapkan akan terakumulasi dana yang cukup besar sekaligus tidak memberatkan alumni yang menyumbang. Selain dengan cara ini alumni masih dapat menyumbang secara insidentil ke rekening Dana Abadi tersebut.

Prinsip Dana Abadi ini adalah pemanfaatan bunga dari dana tersebut tanpa menyentuh dana pokoknya. Adapun mengenai mekanisme pertanggungjawabannya, pengelola dana secara berkala akan memberi laporan berupa : daftar penyumbang, saldo terakhir, pemanfaatan dana dll.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dana Abadi Teknik Kimia UNSRI ini dapat menghubungi :

Jurusan Teknik Kimia UNSRI

Jln Raya Prabumulih KM 32 Inderalaya OKI

Telp : (0711) 580303

 

Sumber : Buku Besar Data Alumni Teknik Kimia UNSRI  , Edisi Pertama, Oktober 2002

Admin
Adminhttps://iatekunsri.com
Admin Website IATEK UNSRI. Website IATEK UNSRI ini berdiri pada 22 Februari 2011. Dibuat dengan tujuan sebagai media informasi, wadah interaksi, sharing ilmu, publikasi tulisan ilmiah, menampung Database Alumni Online, dan mempererat silaturahim antar seluruh komponen keluarga besar Teknik Kimia Universitas Sriwijaya

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

before posting a comment, you must agree to the User Generated Content Policy Website IATEK UNSRI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Alert: Mohon Maaf untuk perlindungan Hak Cipta Content, Anda Tidak Bisa Select untuk meng-copy content di web IATEK UNSRI ini!!
IATEK UNSRI

FREE
VIEW