Wednesday, December 7, 2022
HomeArtikelPeluang WirausahaBelajar Dari LAPI ITB

Belajar Dari LAPI ITB

Dirangkum dari Website LAPI ITB ( www.lapi-itb.com ) dan Informasi dari beberapa teman d LAPI ITB, semoga dapat menjadi Inspirasi buat UNSRI, terutama Jurusan Teknik Kimia..

PT  LAPI ITB adalah salah satu Unit Usaha Komersial  milik Institut Teknologi Bandung (ITB)

Untuk menunjang fungsinya, Intitute Teknologi Bandung (ITB) memiliki 3 (tiga) organ utama yang merupakan mesin pertumbuhan, yakni: Satuan Akademik (SAk), Satuan Kekayaan dan Dana (SKD) dan Satuan Usaha Komersial (SUK). Tiga organ tersebut, terutama SUK, bertugas menggalang dana untuk menunjang ITB mencapai kesempurnaan akademik. Untuk menunjang fungsi tersebut SUK membentuk Unit-unit Usaha Komersial (UUK), berupa badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

PT LAPI ITB ini bergerak di bidang pelatihan, konsultansi dan pengembangan teknologi tepat guna

Di Bidang Pelatihan, PT LAPI ITB dapat menangani  baik In-House training maupun Public Training, contoh proyek yang pernah ditangani  dibidang training antara lain : Training dan sertifikasi corrosion inspector Angkatan ke-1 PT. INCORAY NITRAMA tahun 2007 ; Pelatihan Pressure Vessel & Heat Exchanger PT. Pupuk Kaltim 2007 dan lain sebagainya.. untuk Public Training topic topic yang tersedia antara lain : Teknologi IndustriMinyak dan Gas BumiPerawatan Mesin dan Perawatan Pabrik dan lain lain ..

Di Bidang Konsultansi , Dengan memberdayakan pakar-pakar yang profesional dan berpengalaman di ITB,  PT. LAPI ITB menyediakan layanan Studi untuk menilai  Kelayakan, Program Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Manajemen Perusahaan,  Pemanfaatan Teknologi, Dampak Lingkungan dan lain lain.. selain itu terdapat juga Layanan Survei dan Investigasi, Perencanaan dan Design serta Management Proyek dan Supervisi..

Contoh Proyek yang  pernah ditangani  dibidang ini anatara lain :  Pengetesan Produk Bioadditive PT. MULTIKIMIA INTIPELANGI  tahun 2007 dan Studi Awal Penambangan Batubara Bawah Tanah PT. Sumber Kurnia Buana PT. Sumber Kurnia Buana 2007

Di Bidang Pengembangan Teknologi Tepat Guna , PT. LAPI ITB mampu membuat PABRIK berskala percobaan serta memproduksi PROTOTYPE dan PERALATAN, dengan memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan teknologi tepat guna yang telah dilakukan oleh pakar-pakar ITB maupun mitranya.

Contoh Proyek yang pernah ditangani LAPI ITB di bidang ini anatara lain : Mesin Pencacah Sampah organik SMAN 2 Bandung  tahun 2007 , Pengadaan 18 Unit Membran pada Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan RI Tahun Anggaran 2006 PT. Intim Sentra Utama tahun 2006 dan lain lain..

Dalam struktur Dewan Komisaris, Direksi dan pekerja nya,  PT LAPI ITB ini lebih banyak dimotori oleh Dosen Dosen dan para Alumni ITB, dalam beberapa Proyek tertentu juga dilibatkan Mahasiswa Mahasiswa nya. Sementara untuk tenaga tenaga administrasi ada pula beberapa karyawan yang direkrut dari luar komunitas ITB..

PT LAPI ITB telah berhasil menjadi salah satu penghimpun Dana untuk menunjang operasional  ITB, menerapkan ilmu pengetahuan dan  teknologi  yang dipelajari di Institute tersebut, sekaligus dapat  membuka peluang usaha dan memberi  tambahan kesejahtraan bagi para Dosen, Alumni dan Mahasiswa nya..

Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari berdirinya suatu unit usaha milik lembaga pendidikan seperti ini..

Demikian sekilas mengenai LAPI ITB, Bagaimana dengan UNSRI?

Atau Jurusan Teknik Kimia UNSRI dan IATEK dapat mempelopori berdirinya semacam Unit Usaha Komersial seperti ini??..

Semoga Bermanfaat..

www.danielalhabsy.id

Daniel, S.T, M.B.A.
Daniel, S.T, M.B.A.https://danieel.id
Alumni angkatan 99, Lulus Tahun 2004, Mantan Kabid Humas IMATEK FT UNSI 2021-2022. Ketua Bidang Organisasi IATEK UNSRI 2018-2022. Menyelesaikan S2 Master of Business Administration (MBA) pada tahun 2020, di Sekolah Bisnis Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Bekerja di salah satu BUMN dan tinggal di Jakarta.

Anda Alumni, Dosen, Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI?

belum terdaftar di Website IATEK UNSRI?, yuk segera daftar, dan bergabung bersama lebih dari 1.400 (and still counting) member lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

before posting a comment, you must agree to the User Generated Content Policy Website IATEK UNSRI

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Login

Formulir

Output Formulir

Yang Masih Anget

Paling Banyak Dibaca

Recent Comments

adversitement
error: Alert: Mohon Maaf untuk perlindungan Hak Cipta Content, Anda Tidak Bisa Select untuk meng-copy content di web IATEK UNSRI ini!!
IATEK UNSRI

FREE
VIEW