Ir. Faisol Asip, M. T. atau biasa disapa Pak Faisol lahir di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan pada tanggal 13 Mei 1952. Beliau yang beralamat di Jalan Bank Raya IV No. 5  RT. 51  RW. 15, Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo, Palembang merupakan salah satu dosen Teknik Kimia Universitas Sriwijaya yang telah pensiun tahun 2017 lalu. Semasa menjadi dosen di JTK, beliau mengampuh beberapa mata kuliah diantaranya fisika dasar, bahan konstruksi teknik kimia, pengenalan teknik kimia dan industri serta statistik teknik kimia.

                Pak Faisol merupakan alumnus Teknik Kimia Universitas Sriwijaya angkatan 1973. Sebelum akhirnya melakukan wisuda tahun 1981, beliau sempat menjadi tenaga pengajar di SMA 1 Palembang, SMA Bakti Ibu, SMA Qurania 10 Ilir dan SMA 10 Palembang untuk membayar biaya Tugas Akhir beliau. Tak lama setelah wisuda, beliau kemudian diangkat menjadi dosen tetap di Teknik Kimia Universitas Sriwijaya pada tahun 1983. Selain itu beliau juga menjadi dosen luar biasa di Fakultas Pertanian UNSRI, Fakultas Kedokteran UNSRI, Fakultas Teknik Universitas Palembang, Fakultas Teknik Universitas Tamansiswa serta Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang.

                Masih di tahun yang sama, Pak Faisol pun menikahi Ibu Tundinaria yang merupakan Guru Bahasa Inggris SMA 1 Palembang dan dikaruniai dua orang anak laki-laki. Kedua anak tersebut ialah Insan Kamil, alumus Teknik Sipil UNSRI angkatan 2001 dan Ahmad Fuad, alumnus Fakultas Kedokteran UNSRI angkatan 2004. Pak Faisol juga memiliki 3 cucu perempuan dan 1 cucu laki-laki.

                Selama menjadi dosen, beliau juga tak lupa untuk berkontribusi di Universitas Sriwijaya yaitu dengan menjadi Kepala Jurusan Fisika FMIPA UNSRI dan Pembantu Dekan III FMIPA UNSRI periode 1989-1998. Selain itu, beliau juga dipercayakan untuk memberi pembekalan kepada karyawan Pertamina yang mendapat pendidikan lanjut bidang Fisika pada tahun 1989 di Sei Gerong, Sumatera Selatan.

                 Kemudian, pada tahun 2009 beliau melanjutkan studinya di S2 Teknologi Energi Universitas Sriwijaya. Pada 10 Mei 2018, jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya secara resmi memberikan anugrah purnabakti kepada beliau bersama Bu Tri Kurnia dan Pak Abdullah Saleh.

                Pak Faisol adalah seorang pribadi yang bijak, salah satu kutipan bijaknya yaitu :

“Jangan pernah mengeluh atas jalan yang sekarang kita tempuh, memang  benar dlm kehidupan ini ada yang namanya takdir, namun jalan yg kita lalui ini adalah yg telah kita pilih sendiri"

                Pesan beliau untuk mahasiswa dan alumni Teknik Kimia Universitas Sriwijaya :

“Tak masalah seberapa lambat kau berjalan selama kau tak pernah berhenti”

 

Profil Penulis
Rika Komala Sari
Author: Rika Komala Sari
Mengenai Penulis
Teknik Kimia UNSRI Angkatan 2017