Program Studi Teknik Kimia UNSRI

PROFIL PROFESONAL MANDIRI

Profil Profesional Mandiri

Setelah 5 (lima) tahun lulus dari Program Studi Teknik Kimia Universitas Sriwijaya diharapkan gambaran kemampuan yang dimiliki oleh lulusan adalah:

  • Memiliki profesi dan karir yang berkembang dengan menerapkan logika keteknikan berbasis teknik kimia yang menjunjung tinggi etika profesi, keselamatan, kesehatan kerja dan kelestarian lingkungan.
  • Menjadi pribadi yang percaya diri, dapat dipercaya sebagai pemimpin ataupun anggota tim kerja yang efektif.
  • Memiliki peningkatan dalam pengetahuan, kompetensi, keahlian dan jejaring di bidang pendidikan, penelitian, rekayasa, usaha, maupun bidang- bidang lainnya, melalui studi lanjut, sertifikasi atau pelatihan dan aktif terlibat dalam pengembangan usaha dan profesinya.

 

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan

Lulusan mampu menerapkan pengetahuan bidang teknik kimia untuk menyelesaikan masalah teknik dan industri, memanfaatkan sumber daya alam lokal dan nasional, terutama sumber daya energi, mendesain dan melaksanakan riset bidang teknik kimia, melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, mandiri, memiliki pola pikir kritis, bersikap kreatif, inovatif, komunikatif, dan kolaboratif dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, kelestarian lingkungan, kemajuan ilmu pengetahuan, serta menjunjung tinggi etika profesi.

 

PROSPEK KARIR & BIDANG PEKERJAAN LULUSAN

Prospek Karir Teknik Kimia UNSRI

Alumni PSTK terbukti banyak berkiprah pada sektor industri (minyak dan gas, petrokimia, makanan, semen, pupuk, oleokimia, farmasi, dll), sektor perbankan dan keuangan, sektor perdagangan, lembaga riset dan pendidikan, pemerintahan, dll

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran

  • Mampu menunjukkan sikap dan prilaku sebagai umat yang taat beragama dan berkontribusi dalam
  • peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila
  • Menguasai pengetahuan sains alam, material dan aplikasi matematika teknik untuk memahami secara keseluruhan prinsip-prinsip keteknikan.
  • Menguasai prinsip dan teknik perancangan proses dan sistem pemrosesan untuk mengubah bahan  baku menjadi produk yang memiliki nilai tambah secara ekonomi, dengan memperhatikan issue terkini dalam aspek lingkungan, keselamatan dan keberlanjutan untuk memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
  • Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai tambah.
  • Mampu menemukan sumber, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan teknik kimia melalui proses penyelidikan, interpretasi dan analisis data/informasi.
  • Mampu dan terampil menerapkan berbagai metode dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komputer serta piranti teknik yang modern dalam melakukan rekayasa proses dan operasi
  • Mampu berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan
  • Mampu mengorganisir kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/supervisi dan evaluasi, terhadap pekerjaan yang ditugaskan atau berada dalam tanggung jawabnya.
  • Mampu bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin, lintas budaya dari beragam latar belakang, baik sebagai pemimpin maupun anggota kelompok
  • Mampu bertanggung jawab dan memiliki etika profesional dalam komunitas dan masyarakat umum Mampu mengembangkan diri     dengan belajar terus menerus dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri, kritis, kreatif dan inovatif

 

Profil Penulis
Admin
Author: AdminWebsite: https://www.iatekunsri.com
Mengenai Penulis
Team yang mengelola dan mengotak atik web ini, untuk terus melayani kebutuhan informasi segenap komponen almamater Teknik Kimia UNSRI tercinta..