Masa jabatan pimpinan Jurusan Teknik Kimia Periode 2008-2013 (Ketua Ir. H. A. Rasyidi Fahcry, M.Eng dan Sekretaris Tuti Indah Sari, ST, MT) akan berakhir pada bulan Maret 2013. Besok, Sabtu 16 Februari 2013 pukul 10.00 WIB bertempat di Jurusan Teknik Kimia Kampus Bukit Besar Palembang akan diselenggarakan pemilihan Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Kimia Periode 2013-2017. Pemilihan ini akan diikuti oleh 35 orang staf dosen Jurusan Teknik Kimia.  

 

Seperti apakah figur ideal pimpinan Jurusan 2013-2017 yang akan dipilih? Pada dasarnya semua dosen asal mempunyai jabatan fungsional minimal tenaga pengajar berhak mencalonkan diri sebagai sekretaris dan lektor untuk ketua. Memimpin jurusan memerlukan seni tersendiri. Disamping sebagai koordinator untuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, pimpinan jurusan harus mempunyai visi menyatukan semua komponen jurusan mulai dari dosen, mahasiswa dan karyawan. Mempunyai kemampuan menjalin hubungan yang harmonis dengan alumni dan memelihara, mengintensifkan komunikasi dan meningkatkan hubungan kausalitas dengan user. Pimpinan jurusan harus menjadi payung ke bawah (membina dan mengayomi dosen, mahasiswa, karyawan), menjadi mikrofon (corong) ke atas (menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan jurusan di level fakultas dan universitas), dan menjadi nakhoda dari kapal Teknik Kimia.  

Beban berat akan terasa ringan kalau kita mempunyai pimpinan jurusan yang memiliki kepedulian tinggi, kemauan bekerjasama, kompak dan adil terhadap semua komponen lembaga teknik kimia. Akhir periode kepemimpinan pak Fachry dan bu Tuti ditandai dengan selesainya kita mengirim berkas borang ke BAN-PT pada tanggal 5 Februari yl. Sambil mempersiapkan semua lampiran data yang diminta oleh BAN-PT, pimpinan jurusan yang nantinya akan dilantik pada bulan Maret 2013 harus mengawal proses reakreditasi ini dan mempersiapkan diri untuk akreditasi periode berikutnya. Untuk itu pimpinan jurusan harus membenahi sistem administrasi dan database yang ada, meningkatkan aktivitas dosen dalam penelitian dan pengabdian, meningkatkan aktivitas mahasiswa terutama dalam hal akademik dan terus memelihara hubungan baik dan kerja sama dengan alumni dan user.

Bagaimana ini akan berhasil? Kuncinya adalah komunikasi dan keinginan kuat untuk memajukan jurusan. Kita doakan agar pimpinan jurusan yang akan dipilih nantinya memenuhi harapan kita. Kita semua yakin, dosen-dosen yang ada lebih tahu dan cakap dalam menentukan pimpinannya. Semoga.  


0
0
0
s2smodern

You don`t have permission to comment here!
  • Slider 1
    Alumni / Dosen /
    Mahasiswa
  • Slider 2
    Belum bergabung?
    kilk disini untuk daftar
  • Slider 3
    udah jadi member?
    Update Data Yuk..

Siapo Yang Online?

We have 97 guests and no members online

Artikel Baru

Jadi Member Yuk

Alumni, Dosen dan Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI, Mari Bergabung dengan Web iatekunsri :

DAFTAR

Setelah join anda dapat posting artikel, tulis komentar, diskusi di forum , akses data alumni dll

Jejaring Sosial IATEK

Website IATEK UNSRI ada di Jejaring Sosial, ikuti kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru