Pameran CRISU CUPT Conference 2011, Teknik Kimia Unsri Hadirkan Riset Hemat Energi Masa Depan

UnsriSalah satu rangkaian kegiatan acara The Council of Rector of Indonesian State University (CRISU) and the Council of University President of Thailand (CUPT) Conference yang berlangsung di Universitas Sriwijaya bukit besar, jum’at (21/10), menampilkan pameran produk unggulan dari beberapa jurusan yang ada di Universitas SriwijayaCRISU CUPT Conference merupakan acara yang berlangsung sejak tanggal 20 hingga 22 oktober 2011 yang mempertemukan seluruh Rektor dari universitas-universitas terbaik yang berada di Indonesia dan Thailand. Dalam acara tersebut juga hadir perwakilan mahasiswa, baik dari Indonesia maupun Thailand.

            Pameran yang ditampilkan unsri dalam rangkaian kegiatan tersebut antara lain berasal dari jurusan T. Mesin, T. Kimia, T. Elektro, T. Sipil, T. Arsitektur, Fkip, dan Sospol. Dalam kesempatan tersebut, stan jurusan Teknik Kimia Unsri menampilkan beberapa produk unggulan, diantaranya hasil riset mahasiswa berupa produk latek yang berada dalam bimbingan Ir. H. A. Rasyidi Fachry, M.Eng dan briket dalam bimbingan Tuti Indah Sari, S.T, M.T. Menurut Melissa (tekim2007) pada penjelasannya ketika mempresentasikan stan Teknik Kimia kepada para rektor dan dekan se-Asia Tenggara, produk-produk tersebut berasal dari olahan bahan murni dengan campuran lain. Seperti briket, produk riset mahasiswa teknik kimia unsri yang berada di bawah bimbingan Tuti Indah Sari, S.T, M.T. tersebut berasal dari batubara muda yang di campur dengan hasil pemanfaatan limbah biomassa. Ada campuran batubara dengan batok kelapa, batubara dengan eceng gondok, dan batubara dengan bonggol jagung. Hasil riset ini merupakan salah satu usaha yang dilakuan Teknik Kimia Unsri untuk mewujudkan hemat sumber daya energy masa depan.           

 

      Tidak hanya di stan Teknik, jurusan Teknik Kimia Unsri juga menampilkan hasil penelitian unggulan pada stan Lembaga Penelitian dan stan RUSNASPEBT Unsri. Hasil penelitian tersebut antara lain Biodiesel dan Water Treatment. Biodiesel merupakan Riset Unggulan Strategis Nasional Energy Baru Terbarukan (RUSNAS PEBT) Universitas Sriwijaya. Penelitian yang diketuai Dr. Ir. Susila Arita, DEA tersebut mampu mengembangkan proses terbaru Biodiesel melalui reactor Bubble Column. Sedangkan Water Treatment, seperti yang dijelaskan Dani (tekim2007), hasil penelitian yang diketuai Dr. Ir. Subriyer Nasir, M.S tersebut merupakan proses penjernihan air melalui membran. Sumber air yang dapat dijernihkan melalui penelitian tersebut berasal dari air rawa dan kolam ikan.

            Pada pameran yang di kunjungi peserta CRISU CUPT Conference 2011 tersebut, unsri juga menampilkan roket (stan t.mesin), robot (stan t. elektro), maket gedung (t.arsitektur), penelitian hewan dan sayur (stan fkip mipa) dll.(di/zai)

(tekan next untuk ke halaman selanjutnya)


0
0
0
s2smodern

You don`t have permission to comment here!
  • Slider 1
    Alumni / Dosen /
    Mahasiswa
  • Slider 2
    Belum bergabung?
    kilk disini untuk daftar
  • Slider 3
    udah jadi member?
    Update Data Yuk..

Siapo Yang Online?

We have 84 guests and no members online

Artikel Baru

Jadi Member Yuk

Alumni, Dosen dan Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI, Mari Bergabung dengan Web iatekunsri :

DAFTAR

Setelah join anda dapat posting artikel, tulis komentar, diskusi di forum , akses data alumni dll

Jejaring Sosial IATEK

Website IATEK UNSRI ada di Jejaring Sosial, ikuti kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru