Menindaklanjuti program kerja dari IMATEK KM FT UNSRI periode 2013/2014 di bawah kepemimpinan Dede Hadi Widianto (TK’11), Departemen Science-Tech menyelenggarakan acara yang bertajuk Forum Nasional Nano Teknologi. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 03 Mei 2014 ini dihadiri oleh dosen-dosen Teknik Kimia, perwakilan dari Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya dan peserta fornano. Acara berlangsung dari pukul 09.00 – 16.00 WIB dengan 3 agenda acara utama, yaitu Seminar Nasional Nano Teknologi, Presentasi Kompetisi Esai Nasional Nano Teknologi dan Launching Sriwijaya Nano Club.

     Sebelumnya kata sambutan disampaikan oleh Ketua Pelaksana Seminar Nasional Nano Teknologi yang juga merupakan Kepala Departemen Science-Tech IMATEK KM FT UNSRI. Dalam sambutannya, dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak mulai dari panitia, peserta hingga tamu undangan yang telah berpartisipasi sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Selanjutnya, Dr. Ir. Hj. Susila Arita R, DEA selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya menyampaikan harapannya tentang perkembangan nano teknologi agar semakin baik lagi ke depannya melalui acara Forum Nasional Nano Teknologi ini. Lalu, dari pihak Fakultas Teknik diwakili oleh Pembantu Dekan I yang juga merupakan salah satu dosen Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, yaitu Dr. Hj. Tuty Emilia Agustina, ST., MT. menyampaikan bahwa acara ini menjadi semangat baru dalam penelitian Nanotech dalam bidang keteknikimiaan.

    Agenda pertama adalah Seminar Nasional Nano Teknologi dengan 3 pembicara utama. Pembicara pertama adalah M. Ikhsanul Amal, Ph.D (Peneliti Madya, Pusat Penelitian Metalurgi LIPI PUSPITEK). Beliau memaparkan pengenalan awal tentang nano teknologi. Pembicara kedua adalah Mulyana Ahmad (Praktisi Nano Bubble, CEO Nano Inti Indonesia) menjelaskan peran nano teknologi di lingkungan perairan. Sedangkan pembicara terakhir adalah Drs. A. Rachman Mustar, M.Sc (Sekretaris teknik, Badan Standarisasi Nasional Republik Indonesia). Beliau menjelaskan standar produk nano teknologi di Indonesia.

    Agenda kedua adalah Presentasi Kompetisi Esai Nasional Nano Teknologi oleh ketiga finalis, yaitu Wahyu Putri Pranotoningtyas (Universitas Diponegoro), Fitria Nisail Laily (Universitas Airlangga), dan Agung Wicaksono (Universitas Brawijaya). Finalis pertama membahas tentang Nanopartikel Fe3O4 untuk Degradasi Limbah Industri Kecil. Finalis kedua membahas tentang Nanoshells, Bom Nano Ajaib Penghancur Sel Kanker Sebagai Agen Penggeberak Bidang Kedokteran dan Prospek Pengembangannya di Indonesia. Sedangkan finalis ketiga membahas tentang Nanotech Kathasi : Pupuk Cair Organik Berbahan Limbah Pertanian Kaya Nutrition Berbasis Nanoteknologi Sebagai Alternatif Pemupukan pada Tanaman yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan. Pemenang dari kompetisi esai nasional nano teknologi sesuai dengan urutan nama di atas.

     Agenda terakhir yaitu Launching Sriwijaya Nano Club oleh Nano Watch Indonesia (NWI). Launching ini diawali dengan pengenalan pengurus inti dari SNC. Direktur SNC sendiri merupakan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sriwijaya angkatan 2011 atas nama Gigih Teguh. Peresmian dari SNC sendiri ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan surat kepengurusan SNC oleh Direktur SNC dan Perwakilan dari NWI. Dengan adanya ini, diharapkan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sriwijaya dapat mengembangkan nanoteknologi dalam aplikasinya di bidang Teknik Kimia dan dapat berkompetisi dalam skala nasional. (ags/mfy)


0
0
0
s2smodern

You don`t have permission to comment here!
  • Slider 1
    Alumni / Dosen /
    Mahasiswa
  • Slider 2
    Belum bergabung?
    kilk disini untuk daftar
  • Slider 3
    udah jadi member?
    Update Data Yuk..

Siapo Yang Online?

We have 34 guests and no members online

Artikel Baru

Jadi Member Yuk

Alumni, Dosen dan Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI, Mari Bergabung dengan Web iatekunsri :

DAFTAR

Setelah join anda dapat posting artikel, tulis komentar, diskusi di forum , akses data alumni dll

Jejaring Sosial IATEK

Website IATEK UNSRI ada di Jejaring Sosial, ikuti kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru