Setelah menyelenggarakan acara Chemical Engineering Day V (CHED V) pada Selasa, 30 April 2013 lalu, IMATEK FT UNSRI pun kembali menyelenggarakan salah satu acara akbar, yaitu Forum Nasional Chemical Engineer Process. Acara ini berbentuk seperti forum diskusi interaktif mengenai aplikasi Teknik Kimia di dunia Industri antara pembicara dan peserta. Pembicara yang hadir sendiri merupakan alumni dari Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya. Sedangkan peserta yang hadir adalah mahasiwa jurusan Teknik Kimia dan Teknik Industri yang ada di Palembang.

Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 25 Mei 2013 di Aula Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya. Acara dimulai pada pukul 08.30 – 16.00 WIB. Adapun tema yang diambil, yaitu “Prospek dan Tantangan Profesi Teknik Kimia dalam Mendukung Pembangunan Industri Nasional”. Ada dua sesi pada Forum Nasional Chemical Engineer Process kali ini, yaitu penyampaian materi dan sharing pengalaman hidup dari keynote speaker dan process engineer. Sesi untuk keynote speaker sendiri mulai pukul 09.30 – 12.00 WIB. Ada 2 Keynote speaker, yaitu Ir. Suhaimi (Senior Vice President Refining Operation PT Pertamina) dan Dr. Ir. H. Syaiful, DEA (Dosen Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, Direktur PDAM Tirtamusi Palembang dan Ketua Asosiasi Perusahaan Air Minum se-Indonesia). Pada kesempatan ini, Ir. Suhaimi tidak dapat menghadiri acara Forum Nasional Chemical Engineer Process dan digantikan oleh Michael Ricardo Sihombing (GM RU V Balikpapan). Pembicara pertama menyampaikan materi mengenai “Pengolahan Minyak Bumi dan Potensi Energi Terbarukan”. Pembicara Kedua menyampaikan materi mengenai “Tantangan Pemenuhan Target MDG’s dalam Bidang Air Minum”. MDG’s sendiri adalah Millenium Development Grows yang dapat diartikan pertumbuhan pemasaran yang berkualitas dalam bidang air minum. Dalam akhir diskusi, kedua pembicara berpesan bahwa yang dibutuhkan oleh seorang lulusan Teknik Kimia ketika terjun dalam pekerjaan adalah Knowledge, Skill and Attitude. Point terakhir menjadi hal yang paling penting, karena tanpa attitude yang baik, knowledge and skill yang kita punya hanyalah sebatas hal yang tak ada gunanya.

   Sesi process engineer sendiri dilaksanakan pada pukul 13.00 yang disampaikan oleh Peddy Nusa, ST (Process Engineer PT Conoco Phillips) dan Aidil, ST (Process Engineer PT Semen Holcim). Dalam kesempatan ini, Pembicara Pertama menyampaikan materi mengenai industri gas, sedangkan untuk Pembicara Kedua menyampaikan materi mengenai industri semen. Pada akhir diskusi kedua pembicara menyampaikan pesan bahwa “tak ada hal yang sukses kalau bukan kita sendiri yang memulai, melakukan dan meraihnya dari awal”. Selain diisi oleh pembicara yang hadir, acara Forum Nasional Chemical Engineer Process juga dimeriahkan oleh pameran desain inovatif karya cipta multiguna dari 10 finalis dengan 10 prototype yang berbeda. Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat:

  1. Mempererat silaturrahim antara Mahasiswa dan Alumni.
  2. Membuat mahasiswa Jurusan Teknik Kimia menjadi lebih mengenal, mengetahui dan memahami tentang Teknik Kimia itu sendiri.
  3. Membangun semangat dan etos kerja mahasiswa ke depannya dalam menjawab tantangan dalam perkembangan industri secara nasional maupun internasional. (bil/gus/ron)

 

 

 

 

 


0
0
0
s2smodern

You don`t have permission to comment here!
  • Slider 1
    Alumni / Dosen /
    Mahasiswa
  • Slider 2
    Belum bergabung?
    kilk disini untuk daftar
  • Slider 3
    udah jadi member?
    Update Data Yuk..

Siapo Yang Online?

We have 33 guests and no members online

Artikel Baru

Jadi Member Yuk

Alumni, Dosen dan Mahasiswa Teknik Kimia UNSRI, Mari Bergabung dengan Web iatekunsri :

DAFTAR

Setelah join anda dapat posting artikel, tulis komentar, diskusi di forum , akses data alumni dll

Jejaring Sosial IATEK

Website IATEK UNSRI ada di Jejaring Sosial, ikuti kami untuk selalu mendapatkan informasi terbaru